Senin, 27 Maret 2017

Desain Perancangan Software Aplikasi Rekam Medis Rawat Jalan Pasien



Artikel ini akan member gambaran dan mengajarkan kepada Anda bagaimana caranya membuat Desain Database yang dibutuhkan dalam Program RekamMedis Rawat Jalan Pasien, seperti Rekam Medis yang ada di dalam Klinik Dokter yang memiliki layanan Rawat Jalan pada Pasien.
Pada kasus Rawat Jalan Pasien, seperti pada Klinik Dokter Praktek, perjalannya dimulai dari Pasien datang untuk mendaftar. Pada Klinik Dokter biasanya hanya memilik 1 (satu) Dokter jaga saja, biasanya Dokter pemilik Klinik itu sendiri, jadi saat pendaftaran tidak ada pilihan Dokter ataupun Ruang Klinik. Berikut ini detail langkahnya :

  1. Klinik Dokter menyediakan 1 Dokter Umum/ Spesialis yang jaga pada saat layanan dibuka.
  2. Pasien mendaftar dengan cara Telefon ataupun datang langsung, pada saat mendaftar Pasien mendapatkan Nomor urut pendaftaran. Pelayanan ini dilakukan oleh Perawat, atau Petugas Klinik.
  3. Kemudian Pasien datang ke Klinik sesuai informasi waktu (jam) yang biasanya disesuaikan dengan Nomor urutan hasil pendaftaran (antrian).
  4. Pasien datang ke Klinik, kemudian melakukan pendaftaran ulang bahwa Dia (pasien) sudah hadir, dan biasanya dilakukan tensi.
  5. Pasien mendapatkan panggilan untuk dilakukan pemeriksaan Oleh dokter, panggilan disesuaikan dengan Nomor antrian.
  6. Selesai pemeriksaan, Pasien diberikan Resep Obat yang dibayarkan pada Gerai Obat/ Toko Obat dalam Klinik
  7. Pasien Membawa Resep sekaligus membayar Obat dan Biaya Dokter pada Gerai Obat/ Kasir
  8. Pasien Menerima Obat
  9.  Pasien Pulang


MASTER DATA
Dari perjalanan Pasien di atas, maka dalam mendesain database memerlukan Master Data dan juga adanya Transaksi. Berikut ini adalah Master Data yang sekaligus akan dijadikan sebagai tabel, yaitu;

  • Data Petugas  
  •  Data Dokter  
  • Data Pasien
  • Data Obat


TRANSAKSI
Dari adanya Master Data, terjadilah Transaksi, termasuk diantaranya adalah;

  • Transaksi Pendaftaran
  • Transaksi Pemeriksaan
  • Transaksi Pemberian Resep
  • Transaksi Pembayaran

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat desain Relasi Tabel Database Rekam Medis

Artikel ini bisa dijadikan trik, atau mungkin gambaran dasar untuk Anda kembangkan menjadi Program Aplikasi Rekam Medis  menggunakan database dan bahasa pemrograman yang sesuai kebutuhan, misalnya dibuat dengan database MySQL dan pemrograman PHP, atau juga bisa Visual Basic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar